>

Variance Expense

Account Variance Expense yang jika kita menggunakan ACCURATE Enterprise dapat dilihat di report Profit And Loss bagian COGS/HPP adalah akun yang menampung nilai selisih dari Standard Cost dan Actual Cost saat produksi selain juga hal-hal lain seperti dijelaskan berikut ini apa saja yang mengakibatkan adanya variance :

I. Ada nya perbedaan antara Standard Cost dengan Actual Cost.

Standard Cost disini adalah Cost yang ada di Work Order(WO). Pada saat kita buat WO, by default Standard Cost WO tsb diambil dari setting Item Standard Cost(List – Manufactures – Standard Items Costs) yang efektif berlaku di saat WO tsb dibuat, namun cost di WO tsb masih dapat kita rubah saat kita buat WO atau dengan mengedit WO, saat WO di edit jika sudah ada Product Result dari WO tsb, akan di update mengikuti Cost WO yang sudah di update manual Cost nya, jadi mengikuti cost di WO. WIP dari Standard Cost di jurnal pada saat kita buat Product and Material Result.

Sedang Actual Cost dari Pengeluaran Material-material dan alokasi biaya-biaya waktu kita Period End untuk WO. Pengeluaran Raw Material mengikuti aturan cost yang digunakan database bersangkutan apakah FIFO atau Average. WIP dari Actual Cost dijurnal waktu kita ada pengeluaran material dari Material Release & alokasi biaya waktu Period End.

Yang dapat meminimalkan nilai variance yang terjadi akibat dari selisih Standard dan Actual Cost adalah seringnya kita update Standard Items Cost(List – Manufactures – Standard Items Cost) misal disesuaikan dengan dengan Actual Cost dan WO langsung atau segera di buat Material Release nya untuk pengeluaran bahan bakunya segera.

II. Close/Stopped WO

Saat kita Stopped Work Order dimana dianggap WO sudah tidak dilanjutkan lagi, sedang Raw Material yang sudah dikeluarkan dari Material Release ada kurang atau melebihi dari bahan baku yang diperlukan oleh Product barang jadi yang sudah di Result untuk WO tsb, maka nilai selisih tsb akan dialokasikan ke Variance Expense saat kita Period End di akhir bulan.

III. Pengeluaran Raw Material yang tidak ada di WO

Kita ada buat Material Release bahan baku yang tidak ada di formula WO yang kita pilih, dan secara total jadi menambah Actual Cost menjadi lebih besar dari Standard Cost.

Kita bisa menghindari terjadinya variance jika ada penambahan bahan baku lain selain dari yang ada di Formula dengan mengupdate WO secara otomatis jika ada pengeluaran bahan baku untuk WO bersangkutan, caranya dengan mencentanga option “Auto Update from Release” yang ada di from WO. Sehingga penambahan material jenis baru tsb otomatis ditambahkan di WO dan akan menambah Standard Cost(Cost Barang Jadi) selain Actual Cost waktu Release.