>

Undo Disposed Fixed Asset Yang Telah di Disposed Sebagian

Apabila Anda menggunakan ACCURATE versi 4, pada modul Fixed Asset, Anda dapat memasukkan aktiva tetap dengan jumlah kuantitas lebih dari satu. Untuk aktiva tetap dengan jumlah lebih dari satu, seiring berjalannya waktu dapat terjadi penghentian aktiva tetap sebagian. Entah itu karena proses penjualan atau karena rusak dan hilang, sehingga harus dihentikan proses penyusutannya.

Umumnya jika Anda telah melakukan dispose, untuk membatalkan proses dispose tsb adalah dengan cara melakukan undo dispose, dengan cara mendouble klik aktiva tetap tsb, lalu klik Undo Dispose atau Batal Dispose pada bagian atas.

Untuk Fixed Asset yang telah didispose sebagian (Kuantitas lebih dari satu), berikut ini langkah-langkah untuk melakukan batal dispose atas sebagian Fixed Asset yang telah dihentikan :
  • Pastikan tidak ada penyusutan di depan bulan dilakukannya dispose. Misalkan aktiva tsb didispose sebagian dibulan November 2012, pastikan tidak ada penyusutan di bulan Desember 2012 dst. Jika ada, hapus terlebih dahulu penyusutan bulan Desember dari menu List | General Ledger | Journal Voucher, Filter untuk Tipe Transaksi pilih yang Depreciation Asset dan Filter by Date di Uncheck/tidak dicentang. Selanjutnya klik kanan pilih Delete pada Depresiasi bulan Desember 2012.
  • Setelah tidak ada Depresiasi di depan tanggal Disposed, masuk dari menu List | Fixed Asset | Fixed Asset List, temukan Fixed Asset yang akan dilakukan batal dispose, selanjutnya klik kanan dan pilih Delete Last Edit.
  • Apabila dikonfirm “Do You Wish to Delete…..“, klik Yes.
  • Cek kembali apakah kondisi Fixed Asset sudah kembali seperti sebelum dilakukannya dispose. Caranya dengan mendouble klik di baris Fixed Asset tsb, lalu ke Tab Expenditure, dibagian bawah akan ada informasi Disposed Asset. Pastikan nilainya telah nol (jika sebelumnya, belum pernah ada dispose sebagian), atau jika sudah pernah ada sebagian yang didispose, pastikan nilai yang ada pada Disposed Asset adalah nilai Fixed Asset yang sebelumnya pernah didispose.