>

Penjelasan tentang Cut Off pada Software Accurate

Cut Off adalah proses memindahkan data Accurate lama ke data baru sehingga pengguna Accurate bisa melanjutkan transaksi di data baru tersebut. Data lama tetap aman karena datanya hanya di-copy ke data baru dan bukan dikosongkan. Di data baru, hampir semua transaksi lama akan mengalami perubahan/penyesuaian, yaitu berubah menjadi Opening Balance, penyesuaian detail item, dll.

Cut off berguna untuk :
•    Merampingkan ukuran database yang besar
•    Sebagai sarana Tutup buku/tutup tahun
•    Sebagai sarana untuk mengubah metode Costing Barang di data baru.

Bagaimana Cara melakukan Cut off ?

Sangat mudah, anda tinggal klik menu File, lalu pilih Cut Off Company, akan muncul step-by-step wizard yang memastikan anda mengetahui fungsi Cut off dan pilihannya. Wizard itu akan menjalankan Cut off secara otomatis dan data baru anda akan siap digunakan lagi di tahun yang baru.

Berapa lama proses Cut off berlangsung?

Tergantung besarnya data lama anda. Bisa berkisar antara 5 menit sampai beberapa jam. Sebaiknya anda menyediakan waktu khusus untuk Cut off, sehingga tidak mengganggu daily operation anda.
Setelah selesai Cut off, jangan hapus data lama anda sebagai cadangan.

NOTE
Simpan semua hardcopy transaksi yang anda miliki dan jangan dibuang dulu. Ada beberapa transaksi yang tidak dibawa ke data baru. Penjelasannya ada di bagian 3 : What to do after Cut Off ?

WARNING
Data yang akan di-Cut off, sebelumnya harus dipastikan semua koneksi client-server diputuskan dulu. Jadi semua Accurate client dimatikan dulu, lalu lakukan Cut off data di satu komputer saja.