Materials Budget and Price Adj (List | Project |
Materials Budget and Price Adj.). Pertama kita menentukan Budget dan
Price untuk setiap item barang yang akan di pakai di RAB Project. Budget
dan Price yang kita isi disini yang secara default akan digunakan di
RAB, namun nanti saat di RAB kita bisa rubah jika diperlukan. Budget and
Price yang digunakan saat buat New Project di RAB adalah Budget and
Price yang efektif berlaku saat itu di liha dari Efektif Date nya
Materials Budget and Price Adj yang berlaku.
Labor Cost Adjustment. Standard Cost yang di
setting disini akan di gunakan di RAB sesuai Efektif Date, sama seperti
Item jika mau dirubah saat di RAB masih bisa.
Work Price Analysis (WPA). Membuat Formula untuk setiap pekerjaan(job)
Project. Setiap kali ada Project baru kita buat dari Activities | Project | Project. Saat buat Project baru kita menentukan Termin Billing&Progress dan RAB
project tsb. Saat membuat RAB kita buat New Header terlebih dahulu,
setiap Header bisa terdiri dari beberapa Job, kita pilih Job dari List
WPA. Perubahan Qty dan Cost Item yang di perlukan setiap Job(WPA) dapat
dilakukan di halaman Materials dan Labour Cost di bagian bawah RAB dan
otomatis akan mengupdate total Price yang ada di baris Job.
Material in Used. Input pengeluaran item barang untuk mengurangi stok dan menambah saldo akun Proyek Dalam Penyelesaian.
Expense Payment. Input pengeluaran Biaya Project dan menambah saldo akun Proyek Dalam Penyelesaian.
Project Bill. Membuat Billing(tagihan)Project.
Mengakui Revenue(Pendapatan) dan COGS(HPP) sesuai termin % Billing dan %
Progress yang disetting saat buat Project di halaman General. Cara buat
dan cetak tagihan dari Activities | Sales | Sales Invoice, pilih
Customer atas Project tsb, lalu pilih Termin yang akan ditagihkan.