>

Item Default Account

Pada saat membuat database baru di Quick Setup bagian Inventory atau dari Setup | Preferences | Item Default Account, kita akan diminta untuk mengisi Item Default Account.  Apa yang kita isi di Item Default Account akan menjadi default GLAccount saat kita membuat Item baru, sehingga bagian GLAccount item baru tsb otomatis sudah terisi dengan apa yang kita isi di Item Default Account, namun demikian saat buat item baru kita masih dapat merubah sesuai GLAccount yang akan digunakan item tsb atau masing2 item.

Berikut ini akun2 yang perlu diisi di Field Item Default Account:
    • Inventory Account :  isi dengan akun yang ber tipenya Inventory. Akun ini digunakan untuk item yang mempunyai  type Inventory Parts. Akun ini  digunakan untuk menampung transaksi pembelian  dan penjualan seperti  Penerimaan barang, Faktur Pembelian, Pengiriman barang dan Faktur Penjualan.
    • Sales Account :  Isi dengan akun yang bertipenya Revenue/Other Income. Akun tsb menampung semua type item sejumlah penjualan atas item tsb. Dan hanya digunakan untuk transaksi Sales Invoice.
    • Sales Return Account : Isi dengan akun yang bertipenya Revenue/Other Income, untuk semua type item kecuali type Service yang menampung jumlah retur penjualan item tersebut dan digunakan untuk transaksi  Sales Return.
    • Item Discount Account :  Isikan dengan akun yang bertipe Revenue/Other Income untuk menampung discount item disetiap transaksi Sales Invoice& Sales Return.
    • Good In Transit : Isikan dengan tipe akun yang bertipe Inventory. Akun tsb berfungsi untuk menampung transaksi Pengiriman barang(DO).
    • COGS Account : Isikan dengan akun yang bertipe COGS, hanya untuk type Inventory Part, untuk menampung account Harga Pokok Penjualan atas item tersebut dan digunakan untuk transaksi  di Delivery Order/Sales Invoice/Sales Return dan  Purchase Return.
    • Purchase Return Account : Isikan dengan akun yang bertipe  Inventory,  hanya untuk type Inventory Part dan fungsinya hanya untuk Retur pembelian.
    • Expense Account : Isikan dengan akun yang bertipenya  Expense/Other Expense, hanya untuk type Non Inventory Part, yaitu saat terjadi Pembelian (Purchase Invoice) dan Received Item.
    • Unbilled Goods Account:  Isikan akun yang bertipe  Other Current Liability, hanya untuk item type Inventory Part, yaitu saat terjadi Receive Item dan belum dijadikan sebagai tagihan (Bill Receive).
Kemudian option Serial number  apabila dicentang maka ketika item yang sudah diinput di dalam ACCURATE sudah diseting serial numbernya dan pada saat transaksi belum memilih serial numbernya secara otomatis di dalam Accurate akan menampilkan konfirmasi peringatan agar input terlebih dulu serial number baru Save & Close transaksinya.