A. Buat 1 buah akun baru untuk Persediaan Komponen
- List | Chart of Account | New
- Akun type: Aktiva Lancar Lainnya, misalkan nama akun : Persediaan Komponen
- Klik Ok
- List | Items | New
- Item Type: Non-Persediian, misalkan nama item : Persediaan Komponen
- Klik tab GL Accounts, isikan semua akun dengan akun Persediaan Komponen (langkah A yang tadi kita buat)
- Klik Ok
- Activity | Purchase | Purchase Invoice
- Isi nama vendor dan nomor invoice
- Pada Item, isikan Item Persediaan Komponen (langkah B yang tadi kita buat)
- Klik Save & Close
(Cr) Hutang dagang xxx
Kita belum mengakui adanya Beban karena Persediaan Komponen tsb belum digunakan dalam produksi.
D. Pada saat produksi kita menggunakan Pembiayaan Pesanan / Job Costing
- Activity | Job Costing
- Isi Akun Pembiayaan Pesanan dengan Barang Dalam Proses (Type akun : Persediaan)
- Pada bagian Item, isikan item-item yang bersangkutan, misalnya Papan
- Pada bagian Biaya, isikan biaya komponen
- Klik Save & Close
(Cr) Persediaan Papan xxx
(Cr) Biaya Komponen xxx
E. Pengakuan Biaya Komponen (bisa dilakukan di akhir periode / akhir bulan)
- Activity | General Ledger | Journal Voucer
- Buat Jurnal sbb :
(Dr) Biaya Komponen xxx
(Cr) Persediaan Komponen xxx